Tuesday, July 22, 2008

BOSOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!

1. Nun mati menghadapi huruf ta pada kalimat
5>#tè? `ÏiB harus dibaca samar, dengan dengung karena merupakan bacaan
a. idgham d. qalqalah
b. izhar e. iqlab
c. ikhfa

2. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) memiliki jasmani dan rohani yang sehat
2) memiliki wajah yang tampan dan cantik
3) beragama Islam dan mengamalkan ajarannya
4) kepribadiannya disenangi oleh seluruh makhluk
5) selama hidupnya senantiasa bertawakal pada Allah

Dari pernyataan-pernyataan tersebut yang termasuk hal-hal yang harus dimiliki dan diamalkan oleh manusia yang kedudukannya sebagai khalifah Allah adalah
a. 1, 2, dan 3 d. 1, 3, dan 5
b. 3, 4, dan 5 e. 1, 2, 3, dan 5
c. 1, 3, dan 4

3.

Gambar tersebut di atas menjadi dalil aqli bagi sifat Allah:
a. Sama’ d. Wujud
b. Qidam e. Iradah
c. Baqa’

4. Adapun yang dikatakan/diucapkan manusia baik secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi bahkan bisikan hatinya sekalipun, tentu didengar oleh Allah swt, sebab Dia memiliki sifat:
a. Sama’ d. Qiyamuhu Binafsihi
b. Qidam e. Wujud
c. Baqa’

5. Di antara akhlak terpuji ialah berinisiatif yang contohnya antara lain seperti di bawah ini, kecuali

a. memprakarsai sesuatu kegiatan yang positif
b. menghindarkan diri dari sikap ikut-ikutan
c. cepat bertindak dalam situasi sulit
d. menggunakan nalar dalam bertindak dengan kesadaran sendiri
e. berbuat sesuatu setelah diarahkan pimpinan

6. Berikut ini yang tidak termasuk sikap rela berkorban kepada Allah swt
a. berangkat ke pengajian walaupun hari hujan
b. memberikan infak untuk pembangunan masjid
c. tetap bekerja di sawah walaupun hari panas
d. mengantarkan rombongan remaja masjid dengan mobil pribadi ke tempat pengajian
e. mengajar di TPQ tanpa dibayar

7. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut
1) meyakini bahwa al-Qur’an merupakan himpunan firman Allah swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw dan dipandang beribadah bila dibaca
2) menyadari bahwa al-Qur’an satu-satunya mukjizat Nabi Muhammad saw
3) menjadikan al-Qur’an sebagai pedoman hidup dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
4) berusaha agar dapat membaca al-Qur’an dengan benar dan baik, sesuai dengan kaidah ilmu tajwid
5) mempercayai bahwa al-Qur’an tersebut menyembuhkan segala macam penyakit jasmani dan rohani

Dari pernyataan-pernyataan tersebut yang termasuk kedalam sikap yang harus dimiliki oleh setiap muslim (muslimah) terhadap al-Qur’an adalah
a. 1 dan 2 d. 3, 4, dan 5
b. 2, 4, dan 5 e. 1, 3, 4, dan 5
c. 1, 3, dan 4

8. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) beragama Islam
2) baligh dan berakal sehat
3) sudah lahir atau masih hidup pada waktu terbenam matahari dari hari terakhir bulan Ramadan
4) melaksanakan ibadah puasa Ramadan sebulan penuh
5) mempunyai kelebihan harta untuk keperluan makan pada malam hari raya dan siang harinya, baik untuk diri dan keluarganya maupun untuk hewan peliharaannya.

Dari pernyataan-pernyataan tersebut, yang termasuk syarat-syarat wajib zakat fitrah adalah
a. 1, 2, dan 3 d. 2, 4, dan 5
b. 1, 3, dan 5 e. 1, 3, 4, dan 5
c. 2, 3, dan 4

9. Seorang muslim yang menemukan harta rikaz berupa emas sebesar 800 gram, maka zakatnya adalah

a. 80 gram emas d. 200 gram emas
b. 100 gram emas e. 400 gram emas
c. 160 gram emas

10. Liputan6. com, Surabaya: Ribuan buruh PT Sinar Angkasa, Rungkut, berunjuk rasa ke Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan Surabaya, Selasa (25/7). Mereka menuntut perusahaan agar segera memberikan selisih kenaikan upah minimum kota atau kabupaten. Unjuk rasa ini adalah yang kedua setelah sebelumnya mereka berunjuk rasa ke Kantor DPRD setempat. Dengan menggunakan ratusan sepeda motor dan puluhan truk, kedatangan para buruh disambut ratusan personel kepolisian yang melakukan pagar betis.

Apa yang dilakukan ribuan buruh tersebut di atas termasuk perwujudan sikap:
a. gigih c. hasud e. husnuzhan
b. rela berkorban d. berinisiatif

11. Suatu ketika seorang petani berteduh di bawah pohon yang besar dan rindang, tetapi buahnya kecil, ia berprasangka jelek kepada Allah dalam hatinya mengatakan Allah tidak adil dengan membandingkan buah labu yang besar melebihi pohonnya, hingga tertidur di bawah pohon itu, tiba-tiba ada buahnya yang jatuh mengenai kepalanya. Seketika itu ia beristighfar dan bertasbih kepada Allah, andaikan buahnya besar apa yang terjadi dengan kepalaku ini?

Perilaku di atas mencerminkan sikap:
a. gigih c. hasud e.su’uzhan
b. rela berkorban d. berinisiatif

12. a). Wujud f). Ilmu
b). Qidam g). Hayat
c). Baqa’ h). Sama’
d). Qudrat i). Muridan
e). Iradat j). Sami’an

Manakah yang termasuk Sifat Wajib Salbiyah?
a. a) dan j) d. b) dan c)
b. d) dan e) e. f) dan g)
c. e) dan j)

13. a) Wahdaniyah f) Qudrat
b) Iradat g) Sama’
c) Basar h) Hayat
d) Aliman i) Basiran
e) Wujud j) Qidam

Manakah yang termasuk sifat wajib Maknawiyah?
a. a) dan f) d. f) dan b)
b. b) dan g) e. g) dan h)
c. d) dan i)

14. Dari soal no. 13 manakah yang termasuk sifat wajib Ma’ani?
a. b), c), f), g), h) d. a), d), e)
b. a), b), d) e. d), e), f), g)
c. g), h), i), j)

15. “Barang siapa yang mengerjakan amal salih, maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri, dan barang siapa berbuat jahat maka (dosanya) atas dirinya sendiri dan sekali-kali tidaklah Tuhanmu menganiaya hamba-Nya”

Terjemahan ayat tersebut di atas membuktikan bahwa Allah swt bernama:
a. al ‘Adlu d. al Ghafaru
b. al Maliku e. al Hasibu
c. al Hakimu

16. a. Jiwanya ikhlas hatinya bersih
b. Hidupnya tentram dan damai
c. Tidak menimbulkan perselisihan
d. Menumbuhkan rasa optimis
e. Senantiasa bersyukur atas nikmat Allah swt

Hal-hal di atas akan didapatkan kalau kita memiliki sikap:
a. Husnuzhan kepada Allah
b. Su’uzhan kepada Allah
c. Gigih
d. Berinisiatif
e. Rela berkorban

17. Berpikir dan bertindak dengan kesadaran sendiri tanpa menunggu perintah merupakan cerminan dari sikap:

a. Husnuzhan d. Berinisiatif
b. Su’uzhan e. Rela Berkorban
c. Gigih

18. Usaha sekuat tenaga dan tidak putus asa untuk mencapai sesuatu walau harus menghadapi rintangan adalah cerminan dari sikap:

a. Husnuzhan d. Berinisiatif
b. Su’uzhan e. Rela Berkorban
c. Gigih

19. a. Dapat menumbuhkan sifat sombong
b. Malas beramal bila tidak disanjung
c. Menghilangkan pahala amal saleh
d. Termasuk perbuatan syirik kecil
e. Dibenci Allah dan Rasul-Nya

Hal tersebut merupakan akibat dari perilaku:
a. Riya’ d. Husnuzhan
b. Gigih e. Rela Berkorban
c. Percaya Diri

20. Urutan yang benar dalam proses kejadian manusia adalah:

`ÏiB 5>#tè? §NèO `ÏB 7pxÿõÜœR §NèO ô`ÏB 7ps)n=tæ § a
b. 7pxÿõÜœR`ÏB§NèO 7ps)n=tæ ô`ÏB§NèO 5>#tè? `ÏiB
c. 7ps)n=tæ ô`ÏB§NèO >#tè? `ÏiB§NèO 7pxÿõÜœR`ÏB
d. 7pxÿõÜœR`ÏB§NèO § 5>#tè? `ÏiBNèO 7ps)n=tæ ô`ÏB
e. § 5>#tè? `ÏiBNèO7pxÿõÜœR`ÏB§NèO 7ps)n=tæ ô`ÏB

21. Kandungan al-Qur’an menyatakan bahwa manusia diciptakan dari tanah. Hal itu sesuai dengan hasil penelitian ilmu biologi yang mengatakan bahwa unsur yang ada pada diri manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan sama dengan unsur yang ada dalam tanah. Penelitian tersebut dikenal dengan metode:

a. reproduksi d. genetik
b. evolusi e. reinkarnasi
c. abu bekas bakaran

22. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah swt, yang asal kejadiannya dari tanah
2) Kedudukan manusia di muka bumi adalah sebagai khalifah Allah swt
3) Informasi dari Allah swt, tentang proses kejadian manusia, ketika masih dalam kandungan
4) Tugas manusia di alam dunia ini menaati perintah Allah swt dan meninggalkan larangan-Nya
5) Pemberitahuan Allah swt tentang perkembangan hidup manusia setelah lahir ke dunia

Dari pernyataan tersebut yang merupakan kandungan QS al- Mu’min: 67 adalah:
a. 1, 2, dan 3 d. 2, 4, dan 5
b. 2, 3, dan 4 e. 3, 4, dan 5
c. 1, 3, dan 5

23. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Berusaha menjadi orang berguna
2) Berusaha agar senantiasa berbuat baik
3) Sikap dan perilakunya disenangi semua makhluk
4) Selalu berhasil memenuhi semua keinginannya
5) Ilmu pengetahuannya terus meningkat ke arah yang lebih maju

Dari pernyataan tersebut, yang termasuk tanda-tanda penghayatan terhadap sifat-sifat Allah swt dan asmaul husna adalah:
a. 1, 2, dan 5 d. 1, 3, dan 5
b. 2, 3, dan 4 e. 2, 4, dan 5
c. 3, 4, dan 5

24. Salah satu sifat wajib bagi Allah swt ialah lebih dahulu ada dari segala makhluk-Nya. Dalam istilah Ilmu Tauhid sifat tersebut dinamakan:

a. Wujud d. Wahdaniyah
b. Qidam e. Qudrat
c. Baqa’

25. Di dalam berdoa kita tidak perlu mengeraskan suara karena Allah swt mempunyai sifat sama’. Arti dari sama’ adalah:

a. melihat d. memperhatikan
b. waspada e. mendengar
c. mengetahui

26. Allah swt pernah berfirman kepada Nabi Musa di Bukit Tursina. Hal ini menjadi dalil akli bahwa Allah swt bersifat:

a. qadiran d. hayyan
b. muridan e. kalam
c. ‘aliman

27. Dalam istilah agama Islam, akhlak terpuji disebut juga:

a. akhlak mazmumah d. akhlak mardudah
b. akhlak mamdudah e. akhlak marhabah
c. akhlak mahmudah

28.
$tBur àMø)n=yz £`Ågø:$# }§RM}$#ur žwÎ) Èbr߉ç7÷èu‹Ï9 ÇÎÏÈ
Kalimat yang bergaris bawah pada ayat tersebut mempunyai arti:

a. tidak Aku ciptakan d. manusia
b. kecuali e. jin
c. untuk beribadah kepada-Ku

29.
à7Ïÿó¡o„ur uä!$tBÏe$!$# ß`øtwUur ßxÎm7¡çR x8ωôJpt¿2
Kalimat yang bergaris bawah pada penggalan ayat tersebut mempunyai makna bahwa manusia akan:

a. melakukan pencurian
b. melakukan pengrusakan
c. menjadi khalifah di muka bumi
d. senantiasa bertasbih dan menyucikan-Nya
e. mengalirkan darah

30. §RM}$#ur
Potongan ayat tersebut mempunyai hukum bacaan:

a. izhar d. iqlab
b. idgham bighunnah e. ikhfa’
c. idgham bilagunnah

31. Menurut al-Qur’an surat al-Mu’min ayat 67, bentuk pertama manusia adalah:
a. nutfah d. ‘izaman
b. ‘alaqah e. khalqan akhara
c. mudgah

32. ts hal. 159: 3

Kalimat yang bergaris bawah pada penggalan ayat tersebut mempunyai makna bahwa manusia akan:
a. melakukan pencurian d. senantiasa bertasbih dan menyucikan-Nya
b. melakukan pengrusakan e. mengalirkan darah
c. menjadi khalifah di muka bumi

33. QS. Adz-Dzariyat: 56 menerangkan ……………….. Allah swt menciptakan jin dan manusia.
a. hakikat d. akibat
b. tujuan e. latar belakang
c. sebab

34. ts hal. 159: 6

Kalimat yang bergaris bawah pada ayat tersebut mempunyai arti:
a. tidak Aku ciptakan d. manusia
b. kecuali e. jin
c. untuk beribadah kepada-Ku

35. ts. Hal 160: 7

Ringkasan arti dari penggalan QS. Al-An’am: 162 tersebut adalah:
a. sesungguhnya ibadahku, pengabdianku, dan pengorbananku adalah milik Allah swt.
b. Sesungguhnya amalku, ilmuku, dan sedekahku adalah milik Allah swt.
c. Sesungguhnya hartaku, kekayaanku, dan jabatanku adalah milik Allah swt.
d. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku, matiku adalah milik Allah swt
e. Sesungguhnya hartaku, tanahku, dan nyawaku adalah milik Allah swt.

36. ts hal. 160:9

Potongan ayat tersebut mempunyai arti bahwa yang demikian itulah agama yang:
a. benar d. samawi
b. tegak e. manusiawi
c. baik

37. Allah swt memerintahkan kepada manusia untuk beribadah dengan ikhlas kepada-Nya dalam al-Qur’an Surat:
a. al-An’am: 162-163 d. al-Baqarah: 30
b. adz-Dzariyat: 56 e. al-Mu’min: 67
c. al-Bayyinah: 5

38. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan ikhlas, kecuali:
a. orang yang ikhlas senantiasa memiliki semangat dalam beramal.
b. orang yang ikhlas senantiasa sabar, tabah, teguh pendirian, dan tidak kecil hati
c. orang yang ikhlas senantiasa jauh dari sifat sombong apabila ia mendapatkan pujian
d. orang yang ikhlas senantiasa percaya diri dan selalu menonjolkan diri
e. orang yang ikhlas akan mendapatkan ketenangan dan ketenteraman hati serta terbebas dari rayuan iblis.

39. Di dalam membicarakan masalah akidah/tauhid, dibutuhkan dalil aqli dan dalil naqli. Dalil aqli adalah dalil yang berdasarkan:
a. ijtihad d. musyawarah
b. hadis e. al-Qur’an
c. akal sehat

40. ts. Hal 161: 13

QS. Al-An’am: 102 tersebut menjadi dalil naqli bagi sifat:
a. adam d. wujud
b. qidam e. iradah
c. baqa’

41. Mustahil Allah swt bersifat terpaksa. Hal tersebut menjadi dalil aqli bagi sifat:
a. iradah d. mukhalafatu lil-hawadisi
b. qiyamuhu binafsihi e. qudrat
c. ‘ilmun

42. ts. Hal 15

QS. Asy-Suyra: 11 tersebut menjelaskan bahwa Allah swt mempunyai sifat:
a. mukhalafatu lil-hawadisi d. ihtiyajun ila gairihi
b. mumasalatu lil-hawadisi e. wahdaniyyah
c. qiyamuhu binafsihi

43. Allah swt pernah berfirman kepada Nabi Musa di Bukit Tursina. Hal ini menjadi dalil aqli bahwa Allah swt bersifat:
a. qadiran d. hayyan
b. muridan e. kalam
c. ‘aliman

44. Sifat-sifat yang pasti dimiliki oleh Allah swt disebut:
a. sifat ja’iz d. sifat pasti
b. sifat wajib e. sifat pokok
c. sifat mustahil

45. ts. Hal 161: 19

Menurut HR. Bukhari-Muslim tersebut, Allah swt memiliki:
a. sifat wajib 20 d. asmaul husna 99
b. sifat mustahil 20 e. sifat ja’iz
c. sifat-sifat yang tak terbatas jumlahnya

46. ts 20

QS. Al-Mu’min: 116 tersebut menjelaskan bahwa Allah swt mempunyai asmaul husna:
a. al-‘adl d. al-hakim
b. al-ghaffar e. al-hasib
c. al-malik

47. Allah swt tidak akan memberikan balasan kepada seorang manusia, kecuali terhadap segala sesuatu yang telah dikerjakannya. Inti sari tersebut terdapat dalam:
a. QS. An-Najm: 39-41 d. QS. An-Nasr: 5
b. QS. An-Nahl: 23 e. QS. An-Naba’: 25
c. QS. An-Naml: 65

48. Ungkapan sikap jiwa yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pertimbangan dan pemikiran terlebih dahulu disebut:
a. kebiasaan d. kanaah
b. akhlak e. ihsan
c. iman

49. Allah swt tidak menyukai orang-orang yang sombong. Firman Allah swt tersebut terdapat dalam:
a. QS. An-Naml: 23 d. QS. An-Nahl: 23
b. QS. An-Nasr: 2 e. QS. An-Najm: 23
c. QS. An-Nisa: 23

50. Bekerja secara bertanggung jawab sesuai waktu yang telah ditentukan adalah pengertian dari sikap:
a. khusyuk d. berinisiatif
b. ikhlas e. kanaah
c. gigih.

51. Perwujudan dari sikap kanaah adalah:
a. lapang dada ketika mengalami suatu kegagalan serta introspeksi diri menuju hal yang lebih baik
b. bekerja keras dari pagi sampai sore untuk memenuhi kebutuhan keluarga
c. menerima bantuan dari orang lain dengan tangan terbuka
d. memberikan sumbangan ke panti asuhan tanpa mengharapkan imbalan apa pun
e. menyambut dengan baik baik kehadiran orang lain agama

52. ts. Hal 163: 27

HR. Bukhari-Muslim di atas menjelaskan siksaan bagi orang yang keliru di dalam bersikap terhadap:
a. sesama manusia d. binatang
b. makhluk gaib e. Allah swt
c. tumbuh-tumbuhan

53. Keadaan berikut ini disebabkan oleh sifat malas, kecuali:
a. kemiskinan d. kemelaratan
b. keterbatas e. kebahagiaan
c. kejahatan

54. Ilmu yang membahas secara khusus mengenai persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, hubungan masyarakat, maupun hubungan manusia dengan penciptanya disebut:
a. ilmu akidah d. ilmu hokum
b. ilmu al-Qur’an e. ilmu fikih
c. ilmu akhlak

55. Hukum yang berkaitan dengan masalah pidana disebut hokum:
a. muamalah d. jinayah
b. ibadah e. adab
c. ahwal asy-syakhsiyyah

56. Hadis adalah segala tingkah laku Rasulullah saw yang meliputi ucapan, perbuatan, dan ketetapan. Hadis yang berupa ketetapan Rasulullah saw disebut hadis:
a. qauliyah d. kalamiah
b. hukmiyah e. taqririyah
c. fi’liyah

57. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi hadis adalah:
a. merupakan hukum Islam yang pertama dan utama
b. sebagai penjelas terhadap hukum yang ada dalam al-Qur’an yang bersifat global
c. sebagai contoh keteladanan Rasululllah saw
d. sebagai tolok ukur bagi umat Islam dalam menentukan pelaksanaan hukum Islam dalam kehidupannya
e. menetapkan hukum yang tidak didapati dalam al-Qur’an

58. Mencurahkan segenap kemampuan untuk menetapkan hukum yang belum ada di dalam al-Qur’an maupun hadis dengan menggunakan akal sehat dan jernih disebut ijtihad. Orang yang melakukan ijtihad disebut:
a. mujahid d. mufasir
b. mujtahid e. imam
c. ulama

59. ts. Hal. 164: 34

Menurut penggalan hadis tersebut, apabila seseorang melakukan ijtihad dan ternyata ijtihadnya salah, ia:
a. mendapat satu dcsa d. harus diulang lagi
b. mendapat satu pahala e. tidak mendapat apa-apa
c. harus kembali kepada kitabullah

60. Dalam agama Islam ada suatu kewajiban yang diperintahkan untuk dikerjakan oleh sekumpulan mukallaf dengan catatan apabila ada sebagian yang sudah mengerjakan, sebagian yang lain boleh tidak mengerjakan. Akan tetapi, jika tidak ada yang mengerjakan sama sekali semua akan berdosa. Kewajiban tersebut dinamakan:
a. wajib d. sunah
b. wajib ain e. mubah
c. wajib kifayah

61. ts. Hal 164: 36

Berdasarkan QS. Al-Ankabut: 45 tersebut, salat dapat membawa hikmah:
a. mencegah perbuatan keji dan mungkar d. gambaran kepemimpinan dalam Islam
b. menjaga kebersihan dan kesehatan jasmani dan rohani e. menanamkan sikap disiplin waktu
c. mempererat ukhuwah Islamiyah

62. 37.

a. d.

b. e.

c.

63. 38.

Kalimat bergaris bawah pada penggalan QS. Al-Baqarah: 183 tersebut menjelaskan tentang:
a. tujuan puasa d. rukun puasa
b. perintah puasa e. waktu puasa
c. sunah puasa

64. Puasa yang dikerjakan secara bersambung tanpa makan dan minum pada malam harinya disebut puasa:
a. dahri d. Syawal
b. Nabi Daud e. nazar
c. wisal

65. Kekhalifahan Bani Umayyah berdiri setelah berakhirnya pemerintahan Khalifah:
a. Abu Bakar as-Siddiq d. Ali bin Abi Thalib
b. Umar bin Khattab e. Mu’awiyah bin Abu Sofyan
c. Usman bin Affan

66. Pemerintahan Bani Umayyah berlangsung selama 90 tahun, yaitu:
a. 571-660 M d. 830-919 M
b. 661-750 M e. 980-1071 M
c. 751-840 M

67. Khalifah Khulafaurrasyidin yang berasal dari Bani Umayyah adalah:
a. Usman bin Affan d. Ali bin Abi Thalib
b. Umar bin Khattab e. Zubair bin Awwam

68. Seorang panglima perang yang berhasil menjalankan misinya ke Daratan Eropa sehingga namanya diabadikan menjadi nama sebuah bukit adalah:
a. Tarik bin Malik d. Musa bin Nushair
b. Tarik bin Ziyad e. Count Yulian
c. Abdurrahman ad-Dakhil

69. Berikut ini adalah nama-nama khalifah Bani Umayyah yang berkuasa di Spanyol yang terlepas dari Bani Abbasiyah di Bagdad, kecuali:
a. Abdurrahman ad-Dakhil d. Hisyam bin Abdurrahman
b. Hakam bin Hisyam e. Abdurrahman al-Ausat
c. Musa bin Nusair

70. Perang yang terjadi antara Khalifah Ali bin Abi Thalib melawan Mu’awiyah bin Abu Sufyan adalah Perang:
a. Jamal d. Yarmuk
b. Riddah e. Karbala
c. Siffin

71. Pada tahun 711 M, Tariq bin Ziyad menaklukkan Spanyol. Pada waktu itu yang menjadi khalifah di Damaskus adalah:
a. Yazid bin Abdul Malik d. Abdul Malik bin Marwan
b. Hisyam bin Abdul Malik e. al-Walid bin Abdul Malik
c. Yazid bin Mu’awiyah
72. Yang memelopori dipergunakannya tentara bayaran pada masa Bani Umayyah adalah Khalifah:
a. HIsyam I d. al-Hakam II
b. Hisyam II e. al-Hakam III
c. al-Hakam I

73. Andalusia adalah sebuah wilayah yang sekarang terdiri atas tujuh provinsi di Negara Spanyol. Yang tidak termasuk dari ketujuh provinsi tersebut adalah:
a. Zaragoza d. Granada
b. Almeria e. Malaga
c. Kordoba

74. Orang pertama yang menerjemahkan buku tentang astronomi, kedokteran, dan kimia pada masa Bani Umayyah adalah:
a. Jamil al-Uzri d. Khalid bin Yazid
b. Ibnu al-Muqaffa e. Qays bin Mulawwah
c. Jamil al-Uzri

75. Hal yang tidak termasuk ke dalam ibadah yang hukumnya fardu ‘ain adalah:
a. salat lima waktu d. mengeluarkan zakat harta
b. berpuasa di bulan Ramadan e. menyalatkan jenazah seorang muslim
c. menunaikan ibadah haji

76. Malaikat menyatakan bahwa setelah ditempatkan di bumi, manusia akan:
a. selalu bertasbih kepada-Nya d. selalu beribadah
b. selalu menyucikan-Nya e. membuat kerusakan dan mengalirkan darah
c. selalu berbuat baik

77. Allah swt menjadikan manusia sebagai wakil-Nya di bumi. Manusia bertugas mengelola bumi untuk kemakmuranya. Istilah ini dikenal dengan nama:
a. khilafah d. wahyullah
b. khalifah e. insan kamil
c. wakilullah

78. Selain QS. Al-Mu’min: 67, surat lain yang menjelaskan proses kejadian manusia adalah Surat:
a. al-Baqarah: 30 d. al-An’am: 162-163
b. al-Mu’min: 12-14 e. al-Bayyinah: 5
c. adz-Dzariyat: 56

79. ts. Hal 17: 5

Potongan ayat tersebut menjelaskan bahwa:
a. sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu
b. sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu ketahui
c. sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang tidak kamu ketahui
d. sesungguhnya Allah Maha Adil dan Maha Bijaksana
e. sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Melihat

80. Nun mati menghadapi huruf ‘ain pada kalimat min ‘alaqatin harus dibaca jelas, karena merupakan bacaan:
a. iqlab d. qalqalah
b. idgham e. izhar
c. ikhfa

81. Berdasarkan QS. Al-Baqarah: 30, peranan manusia di muka bumi adalah sebagai:
a. khalifah d. pekerja
b. pemikir e. pengawas
c. perencana

82. Kata nuthfatin dari kalimat tsumma min nuthfatin mengandung arti:
a. tanah d. sperma
b. darah e. tulang belulang
c. daging

83. Berikut ini yang bukan termasuk kandungan QS. Al-An’am: 162-163 adalah:
a. sesungguhnya salatku adalah milik Allah d. sesungguhnya hidupku adalah milik Allah
b. sesungguhnya musibahku adalah milik Allah e. sesungguhnya matiku adalah milik Allah
c. sesungguhnya ibadahku adalah milik Allah

84. Menurut QS. Al-Bayyinah: 5, Allah swt tidak memerintahkan manusia, kecuali untuk beribadah kepada-Nya dengan:
a. khusyuk d. tekun
b. sungguh-sunguh e. serius
c. ikhlas

85. Muslim/muslimah yang meyakini bahwa Allah wajib bersifat Basar tentu akan:
a. menggunakan matanya hanya untuk kepentingan akhirat
b. menggunakan matanya untuk kesenangan dunia
c. menghibahkan matanya untuk menolong orang buta
d. mengobati matanya jika menderita sakit
e. memanfaatkan matanya untuk hal-hal yang baik dan diridhai Allah

86. Keyakinan bahwa allah swt itu al-Hasib (Maha Menjamin), hendaknya mendorong seorang mukmin untuk:
a. berserah diri pada nasib d. berbicara yang perlu-perlu saja
b. tidak berputus asa dan terus berusaha e. selalu bermusyawarah dalam setiap masalah
c. bersikap sederhana dalam hidup

87. Firman Allah swt dalam surat at-Tahrim: 8 berisi suruhan Allah untuk: er. 96: 1
a. bersedekah d. berbakti
b. bertaubat e. menuntut ilmu
c. berbuat baik

88. Berdasarkan hadis, mencari rizki yang halal itu hukumnya:
a. sunnah d. wajib
b. mubah e. sunnah muakkadah
c. fardu kifayah

89. Rasulullah saw bersabda (er hal 97: 3)



Berisi doa, mohon perlindungan Allah dari:
a. kelemahan, kemalasan, dan ketakutan d. kebodohan, pencurian, dan perampokan
b. kemunduran, bencana, dan kerugian e. kesedihan, kesukaran, dan kegagalan
c. kemiskinan, penyakit, dan kedengkian

90. Bahwa setan itu bertekad untuk menyesatkan umat manusia tercantum dalam QS:a. Jin: 26 d. al-Kahfi: 50
b. al-Hijr: 27 e. Faathir: 6
c. Jin: 14

91. Sikap husnuzan kepada Allah swt akan melahirkan sikap:
a. mudah bergaul dengan orang lain d. tawaduk dan takarrub kepada-Nya
b. selalu mengeluh terhadap musibah yang dideritanya e. selalu berpikir negative kepada Allah swt
c. selalu mempertanyakan tentang nasib jeleknya

92. Usaha mengumpulkan dan kodifikasi al-Qur’an pada zaman Abu Bakar ash-Shiddiq dan Usman bin Affan merupakan contoh dari bentuk ijtihad yang disebut:
a. Qiyas d. IJma’
b. Maslahah Mursalah e. ‘Urf
c. Istishab

93. al-Qur’an merupakan pembeda antara yang benar dan yang salah, yang baik dan yang buruk. Sehubungan dengan itu al-Qur’an dinamakan:
a. al-Furqan d. asy-Syifa
b. adz-Dzikru e. an-Nur
c. at-Tanzil

94. Salah satu fungsi Hadis terhadap al-Qur’an ialah sebagai Bayan wat Tasyri yang artinya: er: 62-3
a. menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an yang masih umum
b. mempertegas atau memperkuat hokum-hukum yang disebutkan dalam al-Qur’an
c. menghapus suatu hokum yang telah ditetapkan oleh al-Qur’an
d. mewujudkan suatu hokum atau ajaran yang tidak tercantum dalam al-Qur’an
e. memberikan koreksi terhadap ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan masalah hukum

95. Salah satu golongan yang berhak menerima zakat ialah sabilillah. Berikut ini termasuk sabilillah, kecuali:
a. membiayai usaha-usaha dakwah dan pendidikan Islam
b. membangun gedung tempat penampungan anak-anak yatim terlantar, mengasuh, mendidik, dan menyantuni mereka
c. membiayai tugas belajar generasi muda dari kalangan ekonomi lemah di lembaga-lembaga pendidikan yang bersifat Islami
d. membangun sarana-sarana ibadah seperti musalla dan masjid
e. orang-orang yang memelihara umat Islam, dari kejahatan kaum anti zakat

96. Seorang muslim meminjam uang dari bank sebesar Rp. 100.000.000,-. Sedangkan harga emas setiap gramnya Rp. 100.000,-. Maka muslim tersebut tidak wajib mengeluarkan zakat uang yang dipinjamnya, karena:
a. uang pinjaman itu belum mencapai nisab
b. uang yang dimiliki itu tidak halal
c. uang tersebut tidak menjadi hak penuh pemiliknya (peminjam)
d. muslim peminjam uang itu orang yang merdeka
e. uang tersebut belum dimiliki selama satu tahun

97. Zakat merupakan ibadah yang penting. Allah swt menunjukkan hal itu dengan mengulang-ulang perintah zakat di dalam al-Qur’an dan beriringan dengan perintah:
a. haji d. berjihad
b. salat e. sedekah
c. puasa

98. Khalaqakum min turaabin. Kandungan bacaan tajwid yang tepat pada lafal yang diberi garis bawah

adalah:
a. mad wajib muttasil, sebab harakat fathah diikuti oleh huruf alif
b ikhfa, sebab mim mati bertemu dengan huruf mim
c. izhar, sebab nun mati bertemu dengan huruf ta
d. idgam mimi, sebab mim mati bertemu dengan huruf mim
e. tafkhim pada huruf kha dan qaf

99. Waminkum man yutawaffa. Kutipan ayat di atas memberi penjelasan bahwa:

a. manusia harus bersyukur dengan penciptaan manusia
b. Allah telah menentukan waktu kematian hamba-Nya.
c. semua manusia akan menjalani usia remaja dan tua
d. manusia dikaruniai akal sebagai modal hidup
e. proses penciptaan manuisia terjadi secara alami.

100. waidz qaala rabbuka lil malaaikati innii jaailun fil ardhi khaliifah. Dalam kutipan ayat tsb dijelaskan

peran manusia sebagai khalifah Allah di bumi. Manusia diberi kepercayaan tsb karena:
a. manusia mempunyai kecenderungan untuk merusak alam ini
b. manusia telah diciptakan oleh Allah dalam bentuk yang indah
c. manusia dianugerahi berbagai potensi yang lebih dibanding makhluk lain
d. manusia merupakan makhluk yang paling mulia di sisi Allah swt
e. karena malaikat tidak mampu memegang amanah

101. Di antara kekhawatiran malaikat terhadap manusia adalah kecenderungan manusia untuk menumpahkan darah. Ini dibahasakan dalam al-Qur’an dengan:
a. khaliifah d. nahnu nusabbihu
b. lilmalaaikati e. a’lamu maa laa ta’lamuun
c. yasfikud dimaa

102. Mengelola alam raya ini dengan sebik-baiknya merupakan perwujudan sikap manusia sebagai:
a. hamba Allah d. khalifah Allah
b. pemimpin adil e. makhluk sosial
c. makhluk individu

103. wamaa khalaqtu. Potongan ayat tsb mengandung bacaan:

a. mad tabi’i dan qalqalah sugra d. izhar dan qalqalah
b. mad tabi’i dan qalqalah kubra e. ikhfa dan qalqalah
c. mad tabi’i dan iqlab

104. Khalaqnaakum. Terjemahan yang tepat untuk potongan ayat tsb adalah:

a. Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku
b. Dan telah Aku ciptakan jin dan manusia untuk menyembah-Ku
c. Dan Aku perintahkan jin dan manusia untuk beribadah kepada-Ku
d. Dan Aku tetapkan dalam rahim menurut kehendak-Ku
e. Aku ciptakan manusia dari tanah dan Aku ciptakan jin dari api

105. Sikap yang sesuai dengan kandungan QS. Az-Zariyat: 56 adalah:
a. berbuat aniaya kepada sesama manusia d. menghormati jin sebagai makhluk Allah swt
b. tidak membuat kerusakan di muka bumi e. berbuat baik kepada sesama manusia dan jin
c. taat dan beribadah kepada Allah swt.

106. Contoh hukum bacaan iqlab adalah:
a. waanbatat d. syaiaan
b. ummahaatikum e. waja’ala
c. laa ta’lamuun

107. Sikap terbaik bagi mereka yang sampai usia tua adalah:
a. beriman d. bekerja
b. bersyukur e. bertakwa
c. beribadah

108. qul inna salaatii wanusukii wamahyaaya wamamaatii lillaahi rabbil ‘aalamin

Kata yang menunjukkan keikhlasan pada ayat tersebut adalah:
a. qul inna salaatii d. wamamaatii

b. wanusukii e. lillaahi rabbil ‘aalamin

c. wamahyaaya

109. laa syariika lahuu wabidzaalika umirtu

Arti yang tepat untuk ayat di atas adalah:
a. tidak ada sekutu bagi-Nya dan demikianlah agama yang benar
b. demikian aku diperintah untuk menyembah-Nya
c. tidak ada Tuhan selain Allah dan itulah kepercayaanku
d. tidak ada syarat bagi-Nya dan itulah agama kebenaran
e. tidak ada sekutu bagi-Nya dan demikianlah yang diperintahkan kepadaku

110. Budi melaksanakan salat karena Allah. Dilihat ataupun tidak oleh orang lain, ia tetap melaksanakan salat. Perbuatan Budi disebut:
a. riya d. hasud
b. takabur e. aniaya
c. ikhlas

111. lafal ”Allah” jika didahului oleh harakat kasrah harus dibaca:
a. tafkhim d. gunnah
b. layin e. idgam
c. tarqiq
112. Ada dua sisi yang dapat kita gunakan untuk mengenal Allah yaitu zat dan sifat. Dari sisi zat, kita tidak dapat mengenalnya. Sedangkan dari sisi sifat, kita dapat mengenalnya, karena:
a. sifat-sifat Allah memancar di dunia dalam bentuk ciptaan-Nya
b. telah diperkenalkan-Nya dalam kitab suci yang diturunkan pada hamba-nya
c. dijelaskan oleh para rasul utusan-Nya
d. tercantum dalam kitab-kitab karangan para ulama seantero dunia
e. telah ditakdirkan oleh-Nya bahwa hamba-Nya otomatis akan mengenal sifat-sifat-Nya

113. Secara sepintas, ada beberapa sifat Allah yang serupa dengan manusia. Kendatipun demikian, secara lahiriah esensi keduanya tidak dapat dibandingkan. Supaya manusia dapat menghayati sifat-sifat tersebut yang dapat dilakukan adalah:
a. mencari kesamaan antara sifat Allah dan manusia
b. memahami makna dari sifat-sifat Allah
c. menggambarkan sifat-sifat Allah dalam akal pikiran
d. mengamati alam raya untuk mencari penampakan atas sifat-sifat-Nya
e. menemui setiap ahli agama agar menunjukkan pengertian tentang sifat-sifat Allah

114. Asmaul husna al-hayy menegaskan bahwa Allah bersifat:
a. sama d. hayat
b. kalam e. iradat
c. basar

115. Dalam kaitannya dengan hubungan antara manusia dan Allah, penghayatan atas sifat-sifat Allah dapat menambah keyakinan akan kehadiran dan kekuasaan Allah di dunia. Keyakinan ini, pada gilirannya akan memperkuat .......................... kita kepada-Nya.
a. amal d. sadaqah
b. tauhid e. muamalah
c. salat

116. Sebagai pencipta alam raya dan seisinya, Allah tentu tidak sama dengan makhluk-Nya. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa Allah bersifat:
a. wujud d. mukhalafatu lilhawadisi
b. qidam e. qiyamuhu binafsihi
c. baqa’

117. Bagi umat Islam, asma’ul husna mempunyai kedudukan yang penting. Asma’ul husna merupakan salah satu sarana untuk:
a. memuja Allah d. berdoa kepada Allah
b. mengenal Allah e. memperkuat persaudaraan antarmuslim
c. memperkuat tauhid

118. Allah memerintahkan kita agar mempergunakan asma’ul husna ketika memohon kepada-Nya. Perintah tersebut mempunyai tujuan supaya:
a. senantiasa memanggil-Nya setiap saat d. menjadi lebih dekat dengan-Nya
b. nama Allah selalu melekat pada hati kita e. masuk surga tanpa dihisab
c. mendapatkan derajat yang tinggi di hadapan-Nya

119. Seluruh nama-nama Allah yang baik adalah menunjukkan tiga keutamaan diri-Nya, masing-masing adalah:
a. keampuhan, kesempurnaan, dan kesombongan-Nya
b. kesempurnaaan, keindahan, dan keagungan-Nya
c. kekuasaan, keindahan, dan keluhuran-Nya
d. kerajaan, kesemestaan, dan kesempurnaan-Nya
e. ketuhanan, keagungan, dan kekuasaan-Nya

120. Kita dapat menemukan sejumlah nilai-nilai yang sempurna sebagai pembentuk kepribadian dari asma’ul husna. Jika dipahami dengan benar, nilai-nilai itu mampu menggugah kita untuk:
a. menghafalkan seluruh makna asma’ul husna d. membacanya setiap saat.
b. setiap hari berdoa mempergunakan e. menulis dan menempelkan di rumah sebagai mantra
c. menyontoh dalam perilaku sehari-hari sesuai kemampuan yang dimiliki.

121. Manusia tidak akan bisa mengenal wujud Allah, karena:
a. manusia tidak berpikir d. manusia tidak yakin akan keberadaan Allah
b. Allah bukan sesuatu dan seperti apa pun e. manusia tidak mampu memahami hal yang gaib
c. belum saatnya manusia mengenal Allah

122. Dalam QS. Al-A’raf: 180, asma’ul husna dianjurkan dibaca ketika:
a. salat d. berdzikir
b sebelum tidur e. bekerja
c. berdoa

123. Sifat Allah qidam terdapat dalam asma’ul husna yaitu:
a. al-Awwal d. al-Wahid
b. al-Baqi e. al-Muqtadir
c. al-Qayyim

124. Asma’ul husna al-Malik merupakan cerminan dari sifat Allah:
a. qidam d. ’ilmu
b. baqa’ e. hayat
c. iradat

125. Al-Basir adalah salah satu nama Allah yang artinya:
a. Yang Maha Mendengar d. Yang Maha Mengetahui
b. yang Maha Hidup e. Yang Maha Melihat
c. Yang Maha Kuasa

126. Wahdaniyat adalah sifat Allah yang artinya tunggal. Sifat ini juga terdapat dalam asma’ul husna yaitu:
a. al-Wahid d. al-Hayy
b. al-Basir e. al-‘Alim
c. as-Sami’

Hendaknya kita bersikap husnuzan kepada Allah127.


Sikap husnuzan tersebut perlu dilakukan karena:
a. Allah Maha Tahu dengan apa yang dilakukan/diperbuatnya.
b. husnuzah merupakan kewajiban manusia
c. orang yang mempunyai sikap husnuzan akan celaka
d. orang yang husnuzan kepada Allah mudah rezekinya
e. sikap husnuzan kepada Allah termasuk sikap terpuji

128. Di bawah ini yang menunjukkan sikap husnuzan kepada Allah adalah:
a. sering bersenang-senang
b. tidak mengeluh, bahkan sabar saat menghadapi musibah
c. tidak senang kepada teman yang sering menyakiti orang lain
d. bersedih hati saat ditinggalkan orang-orang yang dicintai
e. iri kepada orang-orang yang mendapat kenikmatan dari Allah swt

129. Jika kita berprasangka baik kepada Allah, maka:
a. kita menjadi beruntung d. Allah mengetahui masa depan kita
b. hidup kita menjadi susah e. kita dicintai sesama
c. kita dicintai para penghuni langit

130.Pentingnya sikap gigih dan optimis karena:
a. semua orang butuh kerja d. hidup seseorang sudah diatur oleh nasib
b. hidup memang butuh kerja keras e. kemajuan masyarakat butuh lompatan2besar
c. tiap orang mempunyai cita-cita dan keinginan yang perlu diraih

Ali telah mengerahkan segala kemampuan belajarnya untuk menghadapi ulangan umum. Namun, nasib berkata lain. Nilai yang diperoleh ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan.131.





Tindakan Ali membuktikan bahwa:
a. Ali termasuk anak yang optimis d. Ali tidak mempunyai sikap optimis
b. Ali termasuk anak yang gigih e. Ali tidak mempunyai sikap gigih dan optimis
c. Ali bukan anak yang gigih

132. Salah satu cara untuk menumbuhkan sifat husnuzan kepada Allah adalah:
a. bekerja keras d. yakin akan pertolongan orang lain
b. berbuat baik kepada orang lain e. berpikir keras
c. sabar menerima cobaan

133. Jika seseorang melakukan tindakan yang belum pernah dilakukan orang lain, berarti ia orang yang:
a. gigih d. penuh inisiatif
b. optimis e. rela berkorban
c. nekat

134. Yang merupakan manfaat sikap penuh inisiatif adalah:
a. lebih mempunyai pandangan ke depan d. mudah menjadi terkenal
b. hidup tidak mempunyai masalah e. hidup lebih senang
c. hidupnya monoton

135. Seseorang mempunyai sikap kreatif yang positif identik dengan orang yang bersifat:
a. gigih d. penuh inisiatif
b. optimis e. rela berkorban
c. nekat

136. Ciri orang yang memiliki sifat penuh inisiatif antara lain:
a. beraksi tanpa berpikir d. memiliki ide cemerlang dan mewujudkannya
b. cenderung ceroboh e. tidak peduli omongan orang lain
c. berpikir pendek

137. Ketika mendengar berita negatif tentang seseorang, maka yang mesti kita lakukan adalah:
a. menerima bulat-bulat d. bersikap apriori
b. menolak mentah-mentah e. bersikap skeptis
c. mengecek terlebih dahulu

138. Sikap husnuzan kepada sesama manusia ditunjukkan dengan:
a. berpikir positif terhadap orang lain d. apriori dengan segala informasi tentang orang lain
b. selalu mengritik orang lain e. menaruh curiga kepada orang lain
c. melakukan provokasi kepada orang lain

139. Agar hubungan ukhuwah islamiyah terjalin dengan erat maka dalam pergaulan harus dikembangkan sikap
a. suuzan kepada orang lain d. husnuzan kepada orang lain
b. husnuzan kepada diri sendiri e. suuzan kepada diri sendiri
c. husnuzan kepada Allah

140. Salah satu manfaat husnuzan terhadap sesama adalah:
a. bahagia atas penderitaan orang lain d. menciptakan ketegangan dalam hubungan
b. sengsara atas kebahagiaan orang lain e. menciptakan persaingan antarindividu
c. bahagia atas kebahagiaan orang lain

141. Dalam QS. Al-Hujurat: 6 dinyatakan bahwa apabila datang orang fasik membawa sebuah berita, maka kita harus:
a. menolaknya d. memeriksa dengan teliti kebenarannya
b. memercayainya e. tidak peduli
c. langsung menyebarkannya

142. ”Dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat” (QS. Al-Baqarah: 10). Pernyataan Allah dalam ayat tsb merupakan contoh dari hukum. Dalam hal ini hukum berarti:
a. perintah Allah d. tuntutan Allah
b. firman Allah e. ayat al-Qur’an
c. ayat-ayat Allah

143. Hukum Allah kadang berarti tuntutan yang pasti untuk dilaksanakan. Apabila tidak dilaksanakan maka seseorang akan dikenai hukuman. Tuntutan hukum seperti ini dikenal sebagai:
a. hukum wad’i d. an-Nadb
b. hukum taklifi e. karahah
c. al-Ijab

144. Datangnya bulan suci Ramadan mengakibatkan semua muslim yang sudah dewasa harus melaksanakan ibadah puasa. Akan tetapi, karena Fulanah sedang haid, ia tidak berpuasa. Haid dalam peristiwa ini menjadi:
a. sebab d. rukun
b. syarat e. mani’
c. pembatal

145. Hadis juga memiliki pengertian suatu perbuatan yang didiamkan/tidak dikomentari oleh nabi. Diamnya nabi menunjukkan:
a. perkataan (qauli) d. pemahaman (hami)
b. perbuatan (fi’liy) e. anjuran (manduby)
c. pengakuan (taqrir)

146. Terjemahan dari al-Qur’an tidak dinamakan al-Qur’an, sebab:
a. terjemahan al-Qur’an bukanlah firman Allah
b. kearaban/bahasa Arab merupakan bagian dari al-Qur’an
c. al-Qur’an merupakan himpunan firman Allah
d. membaca terjemahan al-Qur’an tidak termasuk ibadah
e. al-Qur’an diturunkan di tanah Mekkah

Jihad, salat, puasa, sadaqah, dan zakat147.


Dilihat dari pembagian isi kandungan al-Qur’an, jenis-jenis perbuatan di atas termasuk:
a. tauhid d. ancaman
b. ibadah e. kisah
c. janji

148. Suatu hadis yang diriwayatkan oleh beberapa orang, akan tetapi tidak sampai pada tingkatan mutawatir dikenal sebagai hadis:
a. ahad d. mu’dal
b. sahih e. mualaq
c. da’if

149. wamaa aataakumur rasuulu fakhudzuuhu wamaa nahaakum ’anhu fantahuu

Ayat di atas menunjukkan:
a. fungsi/kedudukan al-Qur’an d. mempelajari al-Qur’an
b. fungsi/kedudukan hadis e. hadis selalu benar
c. taat kepada Allah

150. Kegiatan yang satu ini merupakan usaha sungguh-sungguh yang dilakukan untuk mencapai putusan hukum (Islam) yang belum ada dalam al-Qur’an maupun hadis. Kegiatan tersebut bernama:
a. jihad d. istiadah
b. ijmak e. ijtihad
c. istiqamah


151. Berikut ini merupakan salah satu fungsi hadis yaitu:
a. sebagai sabda Nabi d. sebagai perbuatan/amalan nabi
b. persetujuan nabi atas suatu perbuatan e. perintah-perintah yang dilakukan oleh nabi
c. menjelaskan hal-hal yang sudah disebutkan al-Qur’an

No comments: